#NgomonginSeries:Serial yang Memberiku Ide, Sekaligus Menyebabkan Procrastination

POSTED ON:

BY:

What movies or TV series have you watched more than 5 times?

Per hari ini, Rabu, 15 Maret 2023, aku memutuskan untuk mencoba daily prompt dari WordPress. Hal ini kulakukan untuk membangun habit menulisku yang belakangan hilang karena… Yah, karena stres ringan. Hahaha. Semoga dengan daily prompt ini, aku terus bisa rajin menulis lagi.

Dari berbagai prompt yang ada, aku memilih prompt ini biar gampang. Selain itu, karena memang ada banyak dorama, K-Drama, sampai C-Drama yang kutonton berulang kali, entah karena alasan butuh untuk mencari ide tulisan fiksi sampai karena memang sedang malas ngapa-ngapain dan memutuskan untuk nonton saja.

Ini dia lima serial yang aku ulang-ulang dan mungkin nggak hanya lebih dari lima kali, tapi sudah berulang kali dan aku tak pernah bosan.

Unnatural (J-Dorama, 2018)

Sumber gambar: Asianwiki

Unnatural adalah drama Jepang yang sudah kutonton berulang kali. Dorama ini masih ada di WeTV kalau tidak salah dan kalian bisa menontonnya secara legal di sana. Unnatural bercerita tentang Misumi Mikoto (Satomi Ishihara), seorang ahli patologi forensik yang memiliki masa lalu kelam sebelum menjadi anak angkat seorang pengacara terkenal. Misumi Mikoto memutuskan untuk menjadi ahli patologi forensik agar bisa memecahkan berbagai kasus kematian yang unnatural, baik untuk membantu kepolisian atau memberikan closure pada keluarga yang memohon jasa UDI Lab. Bersama dengan Kai Nakado (Arata Iura) dan Rokuro Kube (Masataka Kubota), ketiganya terus memecahkan berbagai kasus anomali yang mengantarkan mereka pada pembunuhan berantai beberapa tahun silam.

Witch at Court (K-Drama, 2017)

Sumber gambar: Asianwiki

K-drama satu ini sangat menarik sekaligus sedih. Melalui Witch at Court, aku mengikuti lika-liku kehidupan para kelompok rentan yang cenderung menjadi korban suatu kejahatan. Tak hanya viktimisasi konvensional saja, karena viktimisasi secara struktural juga dialami oleh mereka. Isu utama yang dibahas melalui Witch at Court adalah kekerasan seksual (KS) dan isu relasi kuasa. Para korban yang ada dalam K-drama ini merupakan korban dari penggunaan kekuasaan dan kerja sama antara penguasa dengan pemilik modal. Para kelompok rentan cenderung untuk tak didengar dan kasus mereka terkubur begitu saja. Oleh karenanya, drama ini menarik sekaligus menjadi cerita yang memilukan karena aku sendiri terpapar oleh informasi bentuk-bentuk KS yang sangat beragam. Memang nggak banyak plot cinta-cintaan yang bisa kamu temukan dari drama ini, karena drama sepanjang 16 episode ini lebih berfokus pada penegakan keadilan kaum rentan dan pemulihan saksi serta korban.

Well Intended Love (2019)

Sumber gambar: MyDramaList

Sebenarnya C-drama satu ini agak nggak make sense sih. Ceritanya klise aja dan episodenya banyak. Tapi, entah kenapa kalau lagi cari referensi suasana yang bikin hati deg-degan buat membangun latar novel romance, aku suka banget nonton ini hahaha. Mungkin karena aku juga suka Xu Kaicheng yang selalu tersenyum dan pengertian, meskipun kalau dipikir-pikir, dia melakukan itu udah kayak cowok obsesif dan stalker abis. Hanya demi orang yang dia cintai, dia sampai memalsukan…… Nonton sendiri aja nanti malah spoiler lagi. Intinya sih, C-drama ini selalu kutonton kalau lagi pengin merasa dicintai, walau cintanya datang dari tokoh fiksi. HAHAHAHA.

Cuma, selain itu, sebenarnya plot dan skenario C-drama satu ini, nyebelin banget dan tipikal sinetron Indonesia.

Physical 100 (2023)

Sumber gambar: Wikipedia

Aku lagi suka nonton acara reality show Physical 100 baru-baru ini di Netflix. Selain karena aku terus-terusan pengin lihat Kim Min-cheol, seorang mountain rescuer yang humble tapi akhirnya menang di Quest 0, aku juga suka gimana acara ini menunjukkan soal sportivitas atau sportmanship yang diusung para atlet serta pegiat olahraga ini. Beberapa dari mereka memang ambisius banget, apalagi anggota yang datangnya dari olahraga CrossFit (sebagai Youtuber atau Selebgram olahraga). Namun, beberapa lainnya memang datang untuk menikmati sportmanship, termasuk ketika seorang MMA junior mau mengajak Choo Sung-hoon alias atlet MMA senior untuk bertanding secara sportif di arena Quest 1. Para junior MMA aja sampai bilang kalau ini memang pertandingan lelaki sejati yang sportif. Dan sampai sekarang, aku masih ngulang terus acara ini, berharap ada season 2 yang pastinya lebih beragam lagi para sportsman yang gabung. Hehe.

Btw, momen terbaik adalah pas Kim Min-cheol ikut quest buat melaju ke babak final, The Wings of Icarus, sama pas tim Jang Eun-shil yang underdog bisa melaju ke babak selanjutnya karena ngalahin senior wrestler yang sombong. Bahkan tim Eun-shil-ssi di quest narik kapal 1.5 ton juga bikin aku percaya, kalau sportmanship itu bisa overcome semua rintangan, bahkan yang nggak mungkin.

Sebenarnya masih banyak drama yang aku tonton berulang kali, tapi mungkin enggak sesering drama-drama di atas. Nah, ini dia beberapa honorable mention buat listing kali ini:

  • Wakamonotachi / All About My Sibling (J-dorama, 2014)
  • Gomenne Seishun / Saving My Stupid Youth (J-dorama, 2014)
  • 99.9 Criminal Lawyer S1 & S2 (J-dorama, 2016 – 2018)
  • Cold Case 1 – 3 (J-dorama, 2016, 2018, 2020)
  • Signal (K-drama, 2016)
  • Tunnel Indonesia (2020)


Related posts

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Search


Out Now!


Click banner to buy Not for IT Folks with discount!

Recent Posts


Tags


7 Divisi (7) Advertorial (4) Album Review (4) Antologi Ayu Welirang (4) Antologi HISTERY (2) Ayubacabaca (62) Ayu Welirang's Bibliography (9) Blogging Story (2) BS-ing everyday (7) Buku (63) Cabaca (3) Central Java (14) Cerita Detektif (7) Cerita Investigasi (4) Cerita Persahabatan (2) Cerpen (10) Cerpen dari Lagu (5) Drama (6) Editing Works (3) Februari Ecstasy (2) Fiksi Kriminal (3) Forest Park (2) Got Money Problem? (4) Halo Tifa (3) Heritage Sites (4) Hiking Journal (10) Hitchhike (4) Horror (3) Indonesia (37) Interview (2) Jakarta (10) John Steinbeck (3) Journal (18) Kopi (2) Kuliner (3) Kumcer (10) Latar Novel (2) Lifehacks (3) Living (4) Local Drinks (4) Local Foods and Snacks (5) Mata Pena (4) Media Archive (4) Menulis Adegan (2) Metropop (8) Mixtape (4) Mountain (18) Museum (2) Music Playlist (7) Music Review (4) My Published Works (13) NgomonginSeries (5) Nonton (6) Not for IT Folks (3) Novel Keroyokan (2) Novel Kriminal (4) Novel Thriller (3) On Bike (3) On Foot (4) On Writing (25) Pameran (2) Panca dan Erika (3) perjalanan dalam kota (3) Photo Journal (12) Potongan Novel Ayu Welirang (3) Publishing News (3) Review (72) Riset Tulisan (2) Rumah Kremasi (2) Santai (10) Sayembara-Novel-DKJ (3) Sci-fi (6) Sequel (4) Serial Detektif (2) Series Review (5) Short Stories (11) South Tangerang (1) Sumatera (3) talk about living my life (3) Tentang Menerbitkan Buku (7) Terjemahan (6) Things to do in Jakarta (4) Thriller (7) Tips (35) Tips Menulis (28) to live or not to live (6) Translation Works (6) Travel Guide (3) Traveling (4) Travel Notes (2) Travel Stuff (2) Waterfalls (2) Wedding Preparation (5) Wedding Vendor Bandung (3) West Java (15) Worldbuilding Novel (2) Writing for Beginner (27) Writing Ideas (17) Writing Journal (38) Writing Prompt (9)

Newsletter


Create a website or blog at WordPress.com

%d bloggers like this: