Lima Film Jepang Wajib Tonton 2018

Saya lagi mengoleksi beberapa film Jepang favorit dari berbagai genre. Saya jadi rajin memeriksa AsianWiki hanya untuk tahu update dari film-film Jepang yang baru rilis tiap tahunnya. Nah, dari beberapa daftar itu, cukup banyak film yang rilis tahun 2018 dan menyenangkan untuk ditonton bersama keluarga. Simak daftarnya di bawah ini!

1. We Make Antiques (Usohappyaku)

Film yang rilis Januari 2018 ini disutradarai oleh Masaharu Take, sutradara yang sama untuk film 100 Yen Love dan Cafe Daikanyama. Dengan genre komedi, Usohappyaku diperankan oleh Kiichi Nakai dan Kuranosuke Sasaki. Latar cerita yaitu di daerah Sakai, Osaka, Prefecture.

Usohappyaku bercerita tentang pengepul barang antik bernama Norio (Kiichi Nakai) dan Sasuke (Kuranosuke Sasaki), seorang pembuat tembikar. Lalu, cerita dimulai ketika benda bersejarah yang disebut “Sen no Rikyu’s chaki” berupa seperangkat peralatan minum teh, muncul di hadapan keduanya.

2. Impossibility Defense (Funohan)

Funohan bercerita tentang Tadashi Usobuki yang diperankan oleh Tori Matsuzaka. Tadashi adalah seorang pembunuh bayaran dan tak ada yang tahu tentang masa lalunya. Dia biasanya membunuh dengan metode pengendalian pikiran sehingga pembunuhannya nyaris tidak bisa dilacak. Saya nunggu banget film ini karena ada Tori Matsuzaka aja sih (wkwkwk), walau sebenarnya alasan utama karena memang saya suka banget film-film thriller-suspense dan misteri-misteri garapan Jepang. Mereka itu selalu bisa bikin plot yang mindblown hingga saya suka amazed sama garapan mereka.

Tahun 2017, film ini udah ada versi dramanya, walau cuma 4 episode. Pemeran utamanya juga sama, cuma karena belum menonton versi drama, saya nggak tahu apakah ceritanya sama atau ini semacam cerita lanjutan dari drama.

3. Laughing Under the Clouds

Rilis Maret 2018 dan merupakan adaptasi dari manga “Donten ni Warau” oleh Karakara-Kemuri. Dibintangi oleh aktor Jepang favorit saya kayak Sota Fukushi sebagai Tenka Kumo, Yuki Furukawa sebagai Sousei Abeno, dan juga Shunsuke Daito sebagai Seiichiro Takamine.

Filmnya sendiri bercerita tentang kebangkitan Orochi pasca Restorasi Meiji di Perfektur Shiga dan keluarga Kumo yang telah melanjutkan pengelolaan kuil Kumo. Kakak-beradik Kumo ini berusaha untuk menghalangi kekuatan Orochi. Sementara itu, pasukan khusus Yamainu juga ingin menutup kekuatan Orochi agar Jepang kembali tenteram.

Namun, masalah muncul ketika grup ninja “Anyaku” dari klan Fuma, mulai bergerak untuk menguasai kekuatan Orochi agar bisa melakukan kudeta terhadap pemerintahan.

4. Laplace’s Witch

Laplace’s Witch alias Rapurasu no Majo nih yang highly anticipated! Soalnya, film ini juga berasal dari novel Keigo Higashino. Setelah tahun 2017, novel Keigo Higashino berjudul “Namiya’s General Store” dijadikan film, akhirnya salah satu novel misterinya, “Laplace’s Witch” juga difilmkan.

Rilis pada Mei 2018 dan disutradarai oleh Takashi Miike. Ekspektasi saya sih bakal keren kayak Jojo’s Bizarre Adventure, Crows Zero, Terra Formars, Lesson of the Evil atau Blade of the Immortal. Semoga aja nggak terlalu absurd kayak Ace Attorney.

Daftar cast film ini juga kece, ada Sho Sakurai dari boyband Jepang Arashi yang akan memerankan tokoh utama, seorang geochemist bernama Shusuke Aoe. Dia dimintai pendapat oleh kepolisian terkait kematian misterius dua orang karena hidrogen sulfida, apakah kematian tersebut kecelakaan atau pembunuhan oleh orang freak. Sementara itu, Shusuke Aoi bersinggungan dengan Madoka Uhara yang diperankan oleh Suzu Hirose. Madoka inilah yang disebut sebagai “Penyihir Laplace”, karena dia bisa memprediksi dengan tepat fenomena alam yang akan terjadi. Daaan lagi-lagi ada Sota Fukushi. Gila yaa, senpai satu ini laku banget macam Yamazaki Kento. :3

5. Neko wa Daku Mono

Yatta! Akhirnya ada lagi film yang bakal mengekspos kucing-kucing lucu. Film ini jadi film kucing yang kepingin saya tonton, pasca menonton adaptasi game Neko Atsume yang memunculkan banyak kucing gemuk nan lucu. Di samping Neko Atsume, sebelumnya ada film sedih yang agak coming of age gitu, berjudul “Cat’s Don’t Come When You Call” dan film kocak Neko Zamurai, diperankan oleh Kazuki Kitamura sebagai samurai yang ditugaskan membunuh peliharaan klan kucing.

Nah, di sini Ryo Yoshizawa akan menjadi pengisi suara kucing abu-abu bernama Yoshio. Karena Yoshio sering diajak curhat Saori Oishi (Erika Sawajiri), Yoshio ini jadi membayangkan bahwa dia adalah manusia, sekaligus pacar Saori. Hmmm, bagaimana ya twist film yang rilis 23 Juni ini?

Baiklah. Lima saja dulu rekomendasi film Jepang yang rilis tahun ini dan wajib banget ditonton sama keluarga. Tadinya sih mau menulis banyak judul, tapi keburu bingung karena hampir semuanya bagus. Haha! Terima kasih sudah mampir dan selamat menonton!

Hi! My name is Ayu. I'm a fiction writer based in Tangsel x Bandung, Indonesia. I also work as an IT System Administrator. I wrote posts on several blogs. My daily updates was written at: https://www.ayuwelirang.com.
Posts created 144

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top