Bacabaca 8: Kumcer Untukmu Munir

Cak Munir
Seharusnya saya menuliskan ini hari Selasa lalu. Hanya saja, saya sedang bingung mau memulainya dari mana. Makanya, saat ada kesempatan, saya baru menuliskannya.
Hari Rabu ini menggantikan hari Selasa untuk membahas tentang buku. Ya, buku dan buku. Katanya, banyak membaca itu menjembatani antara bodoh dan semakin bodoh. Saya setuju, karena dengan begitu banyak membaca cenderung membuat orang skeptis dan bodoh. Bodoh dalam bersosial? Bisa jadi. Seperti saya ini lah. Dan karena saya suka menjadi bodoh, maka saya membudayakan membaca. Hehehe.
Ini buku ke-17 yang saya baca. Di antara deretan buku yang siap untuk dilahap, saya  mengambilnya. Buku ini tipis. Tak banyak yang diharapkan dari buku tipis. Seyogyanya memang begitu. Tapi, saya tak pernah membedakan ras antar buku. Apakah yang tipis itu bagus atau yang tipis itu jelek? Bagi saya, asal menarik dan berarti untuk dibaca, pastilah saya baca.
Dan benar saja. Buku tipis tak selalu benar-benar tak sarat makna. Justru, dengan penyampaian yang lugas dan singkat, sebuah buku akan menemui masing-masing perkaranya. Buku tebal untuk apa, buku tipis untuk apa, dan buku apa untuk apa. Seperti itulah penilaian saya terhadap buku.

Buku ke-17 ini agak menyerempet pada dekatnya kasus Trisakti dan Semanggi dan kasus lainnya dimana para aktivis mati. Bulan mei, pada 98 lalu, sebagai bulan bagi aktivis yang mati. Semua kasusnya diusut dan diratakan oleh Munir, seorang aktivis HAM dan pendiri KontraS. Sampai pada pertengahan 2004, Munir pun menghilang.
Berbagai media mulai mengangkat sosok Munir. Tak jarang pula komunitas sastra yang ikut bersuara melalui karya. Seperti membuat antologi, membuat novel semi-biografi, membuat kumpulan sajak, dan lain sebagainya. Buku tipis yang saya dapatkan di deretan buku sastra di TM Poins, termasuk salah satu dari itu. 

Untukmu, Munir… 
Judulnya sederhana. Desain sampul bukunya pun sederhana. Dan tebak bagaimana isinya? Isinya sangat sederhana, namun mengena. Mengena maksud, mengena pula tujuan dibuatnya. Tak banyak bertele-tele dan lugas. Buku sederhana dan tipis ini berjudul Untukmu, Munir. Sebagai bentuk simpati terhadap pejuang HAM itu, buku ini lahir. Dibuat oleh para mahasiswa dan mahasiswi yang berkutat dalam Sastra di FIB UI, buku ini disunting oleh Asep Sambodja. Salah satu penulis golongan kiri dan juga sastrawan inilah yang mewujudkan buku tersebut menjadi ada. Dan saat ini, tulisan ini juga untuk memberi apresiasi atas karyanya. Asep Sambodja telah wafat dan hanya tinggal tulisan kiri saja yang bisa kita simak.
Cerpen-cerpen dalam buku ini digambarkan secara realistis. Tak mengubah nama maupun kejadian sesungguhnya, tentu saja buku ini mendulang kritik. Hanya saja, beruntungnya para penulis buku ini adalah, buku ini tak lahir di rezim orde baru. Coba, kalau lahir? Pastilah penulisnya mati satu-satu. Buku yang memuat fakta ini seolah memojokkan para pelaku kasus pembunuhan Munir. Para pelaku yang masih berkeliaran itulah, hendaknya bisa lebih hati-hati bertindak karena masih ada yang hidup. Masih ada yang tak dibungkam dan masih ada yang peduli.
Alm. Asep Sambodja
Buku ini sebagian besar digambarkan sebagai sudut pandang pertama. Ada penulis sebagai Suciwati–istri Munir, ada penulis sebagai Munir, dan penulis sebagai teman Munir–seorang wartawan yang tak disebutkan namanya.
Melalui tokoh ‘Aku’, kita diajak terbang bersama GA-974. Duduk di kursi 40G–yang kadang disebutkan juga sebagai 40A, sehingga menuai ambigu dalam buku ini–kita diajak melihat bagaimana kejadian dan relokasi pada posisi Munir. Berbagai kisah fiksi yang timbul dari spekulasi dalam buku ini, tak jarang menuai maksud ambigu dari buku. Pembaca seakan harus menebak pula, apakah benar atau salah? Apakah dokter yang terlibat bernama dr. Taher, atau Tarmizi? Apakah Pollycarpus saat itu bertugas sebagai pilot, atau awak kabin?
Semua pertanyaan itu tak henti-hentinya berkecamuk. Kita hanya bisa menikmatinya lewat penelusuran penulis sebagai tokoh ‘Aku’ alias Munir. Yang saya sayangkan mungkin hanya bentuk ambigu itu. Sedangkan, untuk keseluruhan buku, saya suka. Buku ini lugas dan fungsinya sebagai buku pun tersampaikan. Meski kadang membuat saya jadi kelewat skeptis, ya sudahlah. [Ayu]

Judul: Untukmu, Munir
Penulis: Mahasiswa UI dan Asep Sambodja
Penerbit: Bukupop
Genre: Sastra, Semi-biografi, Memoar, Semi-fiksi
ISBN: 9789791012263
Halaman: 88 halaman
Harga: Rp 18.000,-
Rating: 4 / 5
Gambar: random google
Review lain: http://www.goodreads.com/book/show/13602454-untukmu-munir



Related posts

22 responses to “Bacabaca 8: Kumcer Untukmu Munir”

  1.  Avatar

    @Ririe KhayanIya Mbak. Gak apa-apa. 😀

    Like

  2.  Avatar

    @SandyWew.. betul sob.

    Like

  3.  Avatar

    Ikut menyimak saja ya Mbak, 'berat' neh mau ikutan comment..

    Like

  4.  Avatar

    yeahh… para pelaku yg terkait atas kasus pmbunuhan munir mmg dihruskan u/ smkin hti2.. krn saat ini mkin bnyk org2 bdoh yg sdang mngejar rsa ingin tahu..:-?

    Like

  5.  Avatar

    @NFmari budayakan menjadi bodoh! yes! :DD

    Like

  6.  Avatar

    aku juga bodoh makanya aku baca buku, tapi yang kamu baca lebih beraat daripada aku yu hehe

    Like

  7.  Avatar

    @Happy FibiCoba baca buku ini, mungkin bisa membantu belajar kasus Munir. 😀

    Like

  8.  Avatar

    Sebenarnya, Mbak Ayu, jujur ni..Aku kurang paham sama kisah Munir ini maluuu.. Jadi, aku cuma bisa komen: klo resensi-nya Mbak Ayu jadi bikin aku pengen baca buku ini juga ^^..Mbak, maaf baru berkunjung, ya.. Baru selesei UN ^^

    Like

  9.  Avatar

    @enhaEhm.. hmmm.. lalalala.. @_@

    Like

  10.  Avatar
  11.  Avatar

    @naspardOkaaaaaay. Met bacaaaa.

    Like

  12.  Avatar

    @Anak RantauSepertinya semi-fiksi =)) (apa pula itu semi fiksi)

    Like

  13.  Avatar

    Berharap pembunuh Munir segera diadili seadil2nye 🙂

    Like

  14.  Avatar

    sepertinya saya tahu kenapa buku ini yg direview,, karena efek pameran jurnalisme warga kemaren kan? iya kan? (sok tahu, sotoy dah..haha).jika semua media selalu berusaha menyajikan fakta apa adanya, kemungkinan berita2 ttg “tomcat” tak akan jd heboh.. Fiuh, tomcat sudah ada sejak jaman baheula, baru kemaren tereksposnya, tanya kenapa??(halah, komennya OOT lagi, huhuhu.. @_@)

    Like

  15.  Avatar

    Anggeplah isi buku itu munir lagi cerita! Apakah konsepnya fiksi atau kronologi? Tentu itu yg bikin ambigu.

    Like

  16.  Avatar

    ikutan nimbrung baca dulu yah mbak

    Like

  17.  Avatar

    Kasus yang sudah sangat lama dan sampai sekarang belum ketemu titik terangnya. Btw ini fiksi ya yuk??

    Like

  18.  Avatar

    hahahhahahahha…. santai saja tidak ada kata2 komunis dalam lirik2nya,,, gak kayak LKS Komunis untuk SMA kelas X yang sedang hebooh itu… wakakkaaka

    Like

  19.  Avatar

    @eatenangermusic (Greg. Galih Ardhiputra)Dari lagunya kok berbau PKI yaaa. Oke, saya cari nanti.

    Like

  20.  Avatar

    Ayu pernah dengar atau bahkan punya album Nyanyian Merah??? sebuah album untuk mengenang Munir

    Like

Leave a comment

Search


Out Now!


Click banner to buy Not for IT Folks with discount!

Recent Posts


Tags


7 Divisi (7) Advertorial (4) Album Review (4) Antologi Ayu Welirang (4) Antologi HISTERY (2) Ayubacabaca (64) Ayu Welirang's Bibliography (11) BS-ing everyday (8) Buku (65) Cabaca (3) Central Java (14) Cerita Detektif (7) Cerita Investigasi (4) Cerita Persahabatan (2) Cerpen (10) Cerpen dari Lagu (5) Drama (6) Editing Works (3) Februari Ecstasy (2) Fiksi Kriminal (3) Forest Park (2) Go Kory Go! (2) Got Money Problem? (4) Halo Tifa (3) Heritage Sites (4) Hiking Journal (10) Hitchhike (4) Horror (3) Indonesia (37) Interview (2) Jakarta (10) John Steinbeck (3) Journal (19) Kopi (2) Kuliner (3) Kumcer (11) Latar Novel (2) Lifehacks (3) Living (4) Local Drinks (4) Local Foods and Snacks (5) Mata Pena (4) Media Archive (4) Menulis Adegan (2) Metropop (8) Mixtape (4) Mountain (18) Museum (2) Music Playlist (7) Music Review (4) My Published Works (15) NgomonginSeries (6) Nonton (6) Not for IT Folks (3) Novel Keroyokan (2) Novel Kriminal (4) Novel Thriller (4) On Bike (3) On Foot (4) On Writing (25) Pameran (2) Panca dan Erika (3) perjalanan dalam kota (3) Photo Journal (12) Potongan Novel Ayu Welirang (3) Publishing News (3) Review (75) Riset Tulisan (2) Santai (10) Sayembara-Novel-DKJ (3) Sci-fi (6) Sequel (4) Serial Detektif (2) Series Review (6) Short Stories (11) Sumatera (3) talk about living my life (3) Teen Fiction (2) TeenLit (2) Tentang Menerbitkan Buku (7) Terjemahan (6) Things to do in Jakarta (4) Thriller (8) Tips (35) Tips Menulis (28) to live or not to live (6) Translation Works (6) Travel Guide (3) Traveling (4) Travel Notes (2) Travel Stuff (2) Waterfalls (2) Wedding Preparation (5) Wedding Vendor Bandung (3) West Java (15) Worldbuilding Novel (2) Writing for Beginner (27) Writing Ideas (17) Writing Journal (38) Writing Prompt (9)

Newsletter


Create a website or blog at WordPress.com